KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR
BISMILLAH

Jumat, 20 Maret 2009

MEMBUAT POINT "HOLD" WALL CLIMB

Pembuatan Point Panjat - 1 Ide awal bikin tutorial ini sih sebenarnya muncul sewaktu jaman SMA dolo waktu sedang “tergila-gila” ama panjat tebing, dan karena waktu itu wall climbing masih barang langka dan super mewah, maka kami [temen2 manjat sewaktu sma] memanfaatkan tembok belakang rumah temen yang kebetulan cukup tinggi dan memanjang, karena kere gak punya duit, kami bermanuver membuat “point” dengan berbagai bahan, dari kayu reng, kayu kaso, dolken, pongkol pohon, besi siku, teakwood, multiplex sampai-sampai tuh tembok kami lubang2i dengan menggunakan pahat tembok ukuran kecil untuk mendapatkan ukuran “point” yang berfariasi. Dan sekarang setelah hunting informasi kesana kemari, saya mo membagi informasi ini buat siapa aja yg berminat untuk berkreasi dan sedikit repot untuk membuat sendiri climbing “point”.

Disini kita berkreasi dengan Karet Silicon dan Resin. Kita mulai yuuuu…!

Membuat “point” palsu [mastering]

Bahan pembuat bisa dipergunakan berbagai macam bahan, seperti tanah liat, kayu, strerofoam, sabun plastic, dll. Disini bahan pembuat “point” palsu adalah busa yg biasa dipakai pada pembuatan rangkaian bunga [floral foam] atau biasa di Indonesia disebut oase. Potong sebesar yg diinginkan.

Lebih baik digambar dulu pola yg kita inginkan.

Potong dgn bentuk pola seperti yg kita inginkan menggunakan gergaji triplex tau bisa juga menggunakan cuter kecil.

Kemudian diperhalus dengan menggunakan kikir besar / kasar, hati2 karena floral foam sangat lunak.

Terakhir diperhalus lagi dengan menggosok-gosokkan setiap sudut atau lengkungan dengan menggunakan tangan, sekaligus merasakan apakah sudutnya sudah cukup halus dan cukup baik sebagai pegangan.

Nah, setelah jadi, siapkan 2 buah bor berlainan ukuran untuk membuat lubang baut, pastikan bor yg dipergunakan cocok dengan baut yg biasa dipakai di dinding panjat, biasanya menggunakan baut 14.

Dengan menggunakan mata bor, dan tabung untuk mengarahkan mata bor, lubangi floral foam yg sudah kita bentuk tadi lalu pergunakan mata bor yg lebih besar agar nantinya kepala baut bias masuk pada saat pemasangan.

Sekarang “point” imitasinya sudah jadi dan siap dipergunakan untuk membuat master cetakan.

Pembuatan Point Panjat - 2 Membuat Cetakan / Master Cetakan II

Pergunakan lem tembak / lem baker untuk menempel “point” imitasi yg sudah kita buat pada penjelasan Pembauatan “point” imitasi. Pengelemen gunanya menghindari “point” imitasi dari kemungkinan terangkat atau mengambang saat penuangan bahan cetakan Silicon Cair.

Siapkan dasar / tatakan cetakan, disini saya menggunakan plastic berrongga dan pastikan tersedia jarak yg cukup ke setiap sisi dari “point” imitasi tadi, kira2 2,5 cm.

Potong dan ukur bagian plastic pembuat dinding, kira2 jaraknya 1 cm dari badan “point” imitasi.

Beri lem pada setiap sudut yg akan diletakkan dingding cetakan, pastikan lem menempel cukup kuat agar cetakan tidak buyar saat diisi dengan silicon cair / bocor.

Pasang dinding cetakan.

Pembuatan Point Panjat - 3 Membuat Cetakan / Master Cetakan I

Ada banyak cara untuk membuat Artificial Rock Hold [bahasa kalangan climber Indonesia biasanya dibilang “point”], mulai dari sini dan seterusnya dalam tulisan ini akan disebut “point”. Disini kita akan membuat dengan cara paling mudah dan paling sering dipakai. Dimulai dengan membuat cetakan. [moulding] Master “point” Sebelumnya buat dulu “point” tiruan yg bisa dibuat dari gabus / sterofoam / busa yg biasa dipakai di tukang bunga, biasa disebut oase. Apapun makanannya eh.maksudnya apapun bahan pembuat tiruan “point” pastikan menempel kuat dan rapat pada tatakan / dasar dari cetakan yg akan kita buat agar cetakan nanti berbentuk sempurna, bagusnya dilem pakai lem tembak. Lalu buat pembatas disekelilingnya, dicontoh gambar digunakan bekas wadah sabun colek..:D…..dan pastikan bawahnya menempel kuat pada dasar / tatakan agar nanti adonan cetakan tidak keluar / bocor. Diusahan semprot “point” tiruan tersebut dengan minyak sayur / minyak goring, agar mudah dikeluarkan saat cetakan sudah kering dan tidak meninggalkan serbuk di badan cetakan

Untuk pembatasnya bisa juga dibuat dari pelastik berongga seperti gambar disamping. Dalam pembuatan dinding pembatas perlu diperhatikan jarak antara “point” tiruan dengan dinding pembatas, jangan terlalu dekat karena akan menghasilkan dinding cetakan yg tipis sehingga tidak terlalu kokoh, tapi juga jangan terlalu tebal karena akan boros adukan silicon pembuatan cetakan

Tutup rapat setiap celah guna mencegah bocor saat adonan cetakan dituang, gunakan lem tembak / lem bakar

Langkah berikutnya buat campuran bahan cetakan dan tuangkan secara menyeluruh sampai “point” tiruan tenggelam dan memiliki ketebalan cukup [menggunakan silicon cair yang akan dibahas tersendiri] jangan lupa sebelum mengisi cetakan pasang dahulu mur panjang dilubang mur pada badan “point” tiruan.

Disini kita membuat 2 cara mencetak yg berbeda untuk ilustrasi. Yang sebelah kiri dipasangi baut agar hasil cetakannya nanti akan ada lubang untuk penempatan baut yang nantinya baut tsb akan dipasang lagi sewaktu pencetakan “point” agar mendapatkan lubang yg bagus untuk penempatan baut, yg disebelah kanan tidak dipasangi karena nanti bentuk cetakannya sudah ada bentuk & lubang untuk penempatan baut, tetapi keleman dari model ini adalah apabila cetakan ini berulang-ulang dipakai bagian yg berbentuk pentol yg menghasilkan lubang pada hasil cetakan sering sekali mudah rusak, makanya padau mumnya sekarang sudah memakai penempatan baut ditengahnya, ini akan membuat cetakan tersebut akan bertahan lebih lama.

Diamkan cetakan 1 malam, setelah mengering, lepas baut dari cetakan silicon

Lalu lepaskan pembatas cetakan

Pisau bisa digunakan untuk melepas lem tembak / lembakar yg digunakan untuk merekatkan dinding cetakan dengan dasar cetakan

Langkah terakhir lepaskan gabus “point” imitasi tadi dari cetakan silicon cair yg sudah mongering. Karena terbuat dari gabus, jadi langsung saja patahkan dan bersihkan sisa-sisanya dengan tangan, bersihkan & pastikan tidak ada sisa yg tertinggal di ruang cetak. Sekarang kamu udah punya master cetakan untuk membuat “point” / Artificial Climbing

Mencetak”point”

Siapkan wadah / cetakan yg tadi sudah dibuat, disini ada model cetakan seperti yg sudah dujelaskan sebelumnya. Pertama cetakan dengan baut asli dan satunya cetakan dengan pola baut ditengahnya

Kalau ingin menggunakan baut asli sebagai tangkainya, sangatlah penting menggunakan pelumas pada baut tersebut karena adonan resin yg dipergunakan untuk membuat “point” akan lengket pada logam. Disini Stoner Urethane Mold Release atau bias juga pergunakan 4WD agar adonan resin tidak lengket pada baut dan proses pelepasan baut dari cetakan akan mudah.

Kembalikan baut pada posisinya.

Langkah berikutnya adalah membuat campuran disini dipegunakan Alumilite Casting Resin. Perbandingan 1:1. Aduk campuran merata, sampai tidak ada lagi garis-garis melingkar pada campuran. Resin adalah bahan yg tidak berbahaya dan sangat aman dipergunakan, pengunaannya juga mudah. Aduk kira 20 – 30 detik.

Setelah adukan tercampur rata, segera tuangkan kecetakan, digambar samping terlihat cetakan yg menggunakan baut asli dan cetakan lubang bautnya terpola pada cetakan.

Campuran Alumilite Resins akan berganti warna dalam waktu 90 detik terlihat warnanya akan lebih pucat.

Pada tahap perubahan warna ini, segera cabut baut dengan menggunakan tang. Disarankan dalam waktu 1 – 2 menit setalah penuangan segera dilepas karena kalau terlalu lama proses pelepasan akan sulit, mungkin akan membutuhkan kunci.

Tunggu beberapa menit, setelah cairan resin mengeras, lalu keluarkan dari cetakan, mungkin cetakan pertama akan sedikit kotor dengan sisa-sisa dari bahan gabus pembuat “point” imitasi, tidak apa-apa karena tidak mempengaruhi mutu dari ”point” tersebut. Setelah selesai simpan cetakan silikon yg selesai dipakai tadi dengan dibersihkan terlebih dahulu, simpan di tempat yg sejuk dan didalam kotak, sehingga lain waktu bisa dipergunakan untuk membuat ”point” berikutnya.

Nah disamping terlihat contoh hasil cetakan, silahkan bereksperimen cara yg mana yg paling efektif, saran saya sih lebih baik pakai yg ada bautnya kalau ingin menggunakan cetakan berkali-kali.

SELAMAT MENCOBA

BAGI YANG BERMINAT BISA PESAN POINT WALL CLIMB DI IPMASAPALA BASE CAM

3 komentar:

  1. ane pengen nyoba gan, soalnya ne Pointer dipasaran harga lumayan jg c,..
    tapi bahan yang mudah didapet dipasaran kita cuman Alumilite Casting aja ya,..

    BalasHapus
  2. »» ✉ N. JAYA KIMIA & SABLON {NJK}
    JL. NGAGEL JAYA SELATAN 95 [SAMPING SUPERMARKET BILKA]
    SURABAYA 60283
    JAWA TIMUR

    »» Coordinates : 7°17'37"S 112°45'21"E

    »» Telephone ☎ :
    031 - 60 31 70 07 [INDOSAT]
    085 334 660006 [TELKOMSEL] NO SMS, CALL ONLY.!

    »» http://www.facebook.com/jayakimia

    »» Jam Buka: 07.30 - 16.30 ( HARI KERJA ) Partai (Grosir) & Eceran Dangan Jumlah Tertentu.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    MINIMAL PENGIRIMAN BAHAN CAIR KE LUAR KOTA: 35 KG. PEMBELIAN ECERAN HANYA MELAYANI DI TOKO SAJA.

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Sebuah toko kimia dan sablon di Surabaya yang menjual:

    • SEGALA MACAM BAHAN-BAHAN FIBER GLASS {RESIN, MAT TISSUE, CATALYST, WR, DLL} ﹑

    • CARBON KEVLAR﹑

    • RESIN LENTUR ﹑

    • RESIN LK {Resin Khusus Pelapis Stiker} ﹑

    • PASTA SABLON RUBBER {PASTA KARET} ﹑

    • EPOXY ﹑

    • VASELIN & PARAFIN ﹑

    • S.MONOMER ﹑

    • PVA & VASELINE ﹑

    • PLASTICISERS RESIN ﹑

    • PASTA SABLON NF﹑

    • ALUMUNIUM PASTA ﹑

    • PEWARNA CAT TEMBOK ﹑

    • BINDER ﹑

    • MIRROR GLAZE {WAX} ﹑

    • GLITTER ﹑

    • LYCAL 1011 & LYCAL 1079 ﹑

    • SILICONE EMULSION {SEMIR BAN} ﹑

    • SILICONE RUBBER {SILICONE CETAK} ﹑

    • SILICONE OIL {SILICONE BENING} ﹑

    • WHITE OIL ﹑

    • BUBUK MUTIARA PERAK & EMAS {Pearlescent Silver & Gold} ﹑

    • BUBUK MUTIARA PELANGI & TEMBAGA {Pearlescent Multicolor & Cooper} ﹑

    • KANEKA ﹑

    • BRONZE MAS {Bronze Mas / Bubuk Mas} - RICH GOLD & PALE GOLD ﹑

    • ANTI FOAM ﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • PHOSFOR {Glow In The Dark}﹑

    • EFFECT PIGMENS ﹑

    • XILARIX ﹑

    • PEMBERSIH & SABUN RUMAH TANGGA ﹑

    • KEPERLUAN LAUNDRY ﹑

    • OBAT RAYAP ﹑

    • ANTI JAMUR ﹑

    Dan Lain - lain

    BalasHapus
  3. »» ✉
    N. JAYA KIMIA & SABLON {NJK}
    JL. NGAGEL JAYA SELATAN 95
    [SAMPING SUPERMARKET BILKA]
    SURABAYA 60283
    JAWA TIMUR

    »» Coordinates :
    7°17'37"S 112°45'21"E

    »» Telephone ☎ :
    031 - 60 31 70 07 [INDOSAT]
    085 334 660006 [TELKOMSEL]
    NO SMS, CALL ONLY.!

    »» http://www.facebook.com/jayakimia

    »» Jam Buka: 07.30 - 16.30 ( HARI KERJA )

    Partai (Grosir) & Eceran Dangan Jumlah Tertentu.
    Melayani juga pengiriman ke Luar Kota & Luar Pulau..

    MINIMAL PENGIRIMAN BAHAN CAIR KE LUAR KOTA: 35 KG.

    PEMBELIAN ECERAN HANYA MELAYANI DI TOKO SAJA.

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Sebuah toko kimia dan sablon di Surabaya yang menjual:

    • SEGALA MACAM BAHAN-BAHAN FIBER GLASS {RESIN, MAT TISSUE, CATALYST, WR, DLL} ﹑

    • CARBON KEVLAR﹑

    • RESIN LENTUR ﹑

    • RESIN LK {Resin Khusus Pelapis Stiker} ﹑

    • PASTA SABLON RUBBER {PASTA KARET} ﹑

    • EPOXY ﹑

    • VASELIN & PARAFIN ﹑

    • S.MONOMER ﹑

    • PVA & VASELINE ﹑

    • PLASTICISERS RESIN ﹑

    • PASTA SABLON NF﹑

    • ALUMUNIUM PASTA ﹑

    • PIGMENT WATER BASE ﹑

    • BINDER ﹑

    • MIRROR GLAZE {WAX} ﹑

    • GLITTER ﹑

    • LYCAL 1011 & LYCAL 1079 ﹑

    • SILICONE EMULSION {SEMIR BAN} ﹑

    • SILICONE RUBBER {SILICONE CETAK} ﹑

    • SILICONE OIL {SILICONE BENING} ﹑

    • WHITE OIL ﹑

    • BUBUK MUTIARA PERAK & EMAS {Pearlescent Silver & Gold} ﹑

    • BUBUK MUTIARA PELANGI & TEMBAGA {Pearlescent Multicolor & Cooper} ﹑

    • KANEKA ﹑

    • BRONZE MAS {Bronze Mas / Bubuk Mas} - RICH GOLD & PALE GOLD ﹑

    • ANTI FOAM ﹑

    • M3 & M4 ﹑

    • PHOSFOR {Glow In The Dark}﹑

    • EFFECT PIGMENS ﹑

    • XILARIX ﹑

    • PEMBERSIH & SABUN RUMAH TANGGA ﹑

    • KEPERLUAN LAUNDRY ﹑

    • OBAT RAYAP ﹑

    • ANTI JAMUR ﹑

    Dan Lain - lain

    BalasHapus